24 Oktober 2008

Depkominfo Panggil Direct Vision .:. Terkait Penghentian Tayangan Astro

Jakarta, KP
Penghentian operasi PT Direct Vision (PT DV), operator televisi berlangganan Astro, segera ditanggapi Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo). Dalam waktu dekat, Depkominfo segera memanggil direksi, komisaris, dan pemegang saham PT DV. Instansi pimpinan Muhammad Nuh itu ingin mendengarkan rencana dan tindak lanjut penghentian layanan siaran Astro, seperti, kewajiban terhadap pelanggan, karyawan, dan operasional.

’’Bagaimanapun, banyak pihak yang terlibat di dalam operasional PT DV, baik dari internal maupun konsumen siaran. Jadi, harus ada kejelasan, tidak bisa langsung main tutup seperti itu,’’ terang Plt Direktur Jenderal Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) Freddy H. Tulung kepada Kendari Pos kemarin.


Kalau sebelumnya Astro sempat mendapat surat penghentian sementara dari pemerintah karena persoalan administratif kepada Depkominfo, kali ini mereka berhenti mengudara karena terhentinya pasokan program dari MEASAT Broadcast Network Sdn Bhd (MBNS), All Asia Multimedia Networks FZ-LLC (AAMN), dan Astro All Asia Network plc. (AAAN).


Keterangan terkait hal itu, kata Freddy, tersampaikan dalam surat PT DV kepada Menkominfo No. 37/LGL/DV/1008, tertanggal 20 Oktober 2008. ’’Dalam surat itu disebutkan bahwa manajemen PT DV sudah berusaha mengajukan permohonan perpanjangan layanan, namun sampai dengan batas waktu yang ditetapkan tidak mendapatkan perpanjangan,’’ jelasnya.


Freddy mengungkapkan, Depkominfo akan menentukan langkah-langkah konkret lebih lanjut sesuai dengan ketentuan perundang-undangan terkait hal itu. Dia berharap penghentian tayangan tersebut tak akan memunculkan problem-problem baru di masa depan.



Setelah berpamitan melalui sejumlah iklan di media cetak dan media elektronik, PT DV berjanji mengembalikan dana pelanggan yang sudah dibayar di muka (prabayar). Namun, pihaknya meminta waktu 30 hari kerja untuk menyelesaikan hal itu. Jumlah pelanggan PT DV saat ini mencapai 98 ribu.
Jumlah itu turun dibandingkan dengan akhir 2007 yang mencapai 145 ribu pelanggan. Di antara 98 ribu pelanggan tersebut, yang akan mendapatkan refund 36 ribu pelanggan.

Siaran televisi berlangganan Astro di Indonesia melalui PT DV sudah mengudara sejak dua tahun, tujuh bulan, 19 hari yang lalu, tepatnya pada 28 Februari 2006. (zul/kim)

1 komentar:

  1. After checking out a hanful of the blog articles
    on your site, I truly appreciate your technique of writing a blog.

    I saved it to my bookmark webpage list and will bee checking back in thhe near
    future. Take a look at my website as well and tell me what
    you think.

    BalasHapus